Pontianak Selatan
+6281257452191
abyy.archie@gmail.com

Blog

Public Relations

Strategi PR di Tengah Gelombang Digital

Dunia kehumasan atau public relations (PR) berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut tentunya seiring berkembangnya tantangan yang dihadapi oleh kehumasan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, para praktisi PR harus paham dalam membangun reputasi, menyosialisasikan story dan achievement yang positif kepada publik dan stakeholder-nya. Perkembangan dunia kehumasan bergerak cepat di era reformasi dan teknologi digital. Saya…
Read more

Nation Branding” Butuh Tim “Issue Management

Pada edisi (Juni 2016) lalu, saya menjabarkan tujuan Nation Branding, yaitu untuk mengukur, membangun dan mengelola reputasi positif suatu negara. Termasuk reputasi pemimpin, bisnis, investasi, tourism, masyarakat, komoditas, dan banyak atribut lainnya. Indonesia pun saat ini tengah giat melaksanakan Nation Branding. Hanya saja dunia sedang mengalami krisis. Mata dunia fokus pada peristiwa-peristiwa terorisme mengerikan seperti…
Read more

Bagaimana PR Menulis Skenario Film?

Bagaimana PR Bisa Menulis Skenario Film? PR di era digital terus memperluas teknik dan menemukan cara-cara baru dalam menyentuh target audiens untuk costumer mereka. Beberapa cara yang telah dikembangkan agensi PR dan bermanfaat bagi pengelola merek yang ingin membangun hubungan yang lebih luas, termasuk di pasar global. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh PR…
Read more

Tips Menulis Artikel Praktis

Tips Menulis Artikel Praktis Pada dasarnya artikel praktis sama saja dengan jenis artikel lainnya baik segi isi, struktur dan tujuan penulisan, yaitu sama-sama berisikan ide, gagasan dan pandangan yang ingin disampaikan kepada pembaca dengan tema tertentu. Struktur tulisannya pun terdiri dari mendeskripsikan pendahuluan, isi dan penutup. Sedangkan dari tujuannya, yakni bertujuan untuk mendidik, meyakinkan dan…
Read more

PR Harus Selaras dengan Tujuan dan Etika Bisnis Perusahaan

PR Harus Selaras dengan Tujuan dan Etika Bisnis Perusahaan Kekuatan yang sangat berpengaruh dalam memenangkan hati publik sehingga mendapatkan simpati publik adalah kekuatan komunikasi. Public relations memberikan cara bagaimana organisasi atau perusahaan berperilaku dengan tujuan bisnis untuk meningkatkan kepercayaan publik. Charles S. Steinberg mengemukakan bahwa PR bekerja menciptakan opini publik yang menyenangkan tentang kegiatan-kegiatan yang…
Read more

Kedudukan dan Peran Strategis PR Korporat

Kedudukan dan Peran Strategis PR Korporat Dalam manajemen korporasi, kedudukan PR Korporat memiliki 3 model. Pertama, Model Function Staff, dalam model ini posisi Departemen PR terletak di leher pada struktur organisasi tertinggi atau di bawah Dirut (Direktur Utama). Misalnya pada posisi fungsi staff Dirut dengan nama Corporate Secretary atau Corporate Communication yang tugas dan kewajibannya…
Read more

Alat Public Relations di Media Digital

Alat Public Relations di Media Digital Keterbukaan informasi yang disertai perkembangan teknologi informasi saat ini berimplikasi besar terhadap penyebaran dan kemudahan memperoleh akses informasi itu sendiri. Publik juga semakin kritis terhadap isu-isu yang berkembang disekitar mereka, cerdas dalam menentukan informasi yang mana bermafaat bagi mereka. Praktisi PR yang lekat dengan penggunaan new media, harus bekerja…
Read more

Media Sosial

Media Sosial Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat berperan bagi kehidupan. Sehingga segala aktivitas sehari-hari dapat berjalan secara praktis tidak memerlukan waktu yang lama. Bila sebelumnya, jangkauan media komunikasi terbatas pada media massa, namun sekaang, dengan adanya alat komunikasi seperti smartphone yang dibekali akses jaringan internet telah mengubah bentangan media komunikasi. Akses Internet…
Read more

Interaktif PR di Media Digital

Interaktif PR di Media Digital Everett M. Rogers dalam Abrar (2003: 17-18) pernah merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era, yaitu: Pertama era komunikasi tulisan; Kedua era komunikasi cetak; Ketiga era telekomunikasi, dan; Keempat era komunikasi interaktif. Tulisan artikel ini akan berfokus pada era komunikasi interaktif, atau era media baru adalah media yang berkembang…
Read more

Interaktif Public Relations Digital

Interaktif Public Relations Digital Interaktif Public Relations digital merupakan penggunaan media online dan teknologi modern dalam aktivitas komunikasi dua arah antara perusahaan dengan publik internalnya, perusahaan dengan perusahaan lain, dan perusahaan dengan publik eksternal serta pihak-pihak berkepentingan lainnya. Aktivitas interaktif PR digital tak sebatas meng-upload konten-konten dari media online, tetapi juga membuat konten kreatif yang…
Read more